Lanjut ke konten

Teknologi Pembakaran Batubara

September 2, 2008

Teknologi pembakaran batubara dapat dikatagorikan dalam 3 sistem, yaitu pulverized firing (PF), fixed bed (FxB) dan fluidized bed combustion (FBC), dimana secara singkat operasionalnya sebagai berikut: 

1.  Sistem PF adalah pembakaran batubara dalam bentuk bubuk yang diinjeksikan bersama udara kedalam ruang bakar. Pada sistem ini terjadi waktu tinggal yang sangat pendek, sesuai untuk batubara dengan karakteristik tertentu dan untuk kestabilan lidah api perlu suhu dapur yang tinggi (diatas 1200 oC), sehingga untuk pencegahan polusi atau emisi diperlukan peralatan tambahan berupa DeSOx dan DeNOx serta penangkap debu. 

2.  Sistem FxB adalah pembakaran unggun, butiran atau bungkahan batubara dalam keadaan statis (tertumpuk) diatas grate dan udara bakar primer dihembuskan dari arah bawah. Disini suhu pembakaran sulit dikontrol, selain sulit untuk batubara dengan sifat caking atau yang memiliki kandungan tertinggi.  

3.  Sistem FBC adalah pengembangan dari sistem fix bed, disini proses pembakaran berlangsung berdasarkan pada prinsip-prinsip fluidisasi dengan menggunakan media pasir silikat. Udara bakar primer didistribusikan melalui nozzle pada plenum dengan tekanan hingga 1500 mmH2O untuk melawan gaya berat dari bahan bakar. Sehingga proses pengeringan, penyalaan dan pembakaran lanjut dari butiran bahan bakar sepenuhnya akan berlangsung tersuspensi (melayang) diruang bakar (freebord). Pada sistem FBC suhu pembakaran berlangsung dibawah 900 OC, sehingga emisi SOx dan NOx rendah, kontak bahan bakar dan udara terjamin homogen, turbolensi dapat berlangsung stabil, excess air menjadi rendah dan dapat digunakan berbagai jenis bahan bakar. Sistem FBC ini telah digunakan di beberapa ketel stasiun pembangkit listrik (power plant) yang menggunakan bahan bakar batu bara berbentuk butiran.

One Comment leave one →
  1. Ardhian permalink
    November 17, 2008 11:08 pm

    Pa kbr bang malik? Ditmpatku jg pake FBC lho. Thanks infonya.

Tinggalkan komentar