Lanjut ke konten

Power Generation Pabrik Gula

September 11, 2008

Boiler sebagai sumber utama penghasil energi untuk pembangkit listrik yang menyuplai seluruh kebutuhan daya listrik dalam pabrik sekaligus sebagai sumber energi pemanas untuk memasak gula di bagian proses. Dalam melakukan kerjanya, boiler membutuhkan adanya panas yang digunakan untuk memanaskan air. Panas disuplai dari bagian yang disebut dengan furnace. Sementara furnace akan membuang gas hasil pembakaran yang mengandung banyak debu mengingat bahan bakar yang digunakan adalah bagasse (ampas tebu).

Bagasse adalah ampas tebu yang sudah diekstrak gulanya pada bagian gilingan dan merupakan salah satu limbah padat dari pabrik gula yang dikirim ke bagian boiler untuk dijadikan bahan bakar. Penggunaan bagasse sebagai bahan bakar pada boiler adalah sangat umum digunakan pada pabrik-pabrik gula yang berbahan baku tebu.

Bagasse yang keluar dari gilingan akhir diharapkan mempunyai kadar air (moisture) dan kadar gula (pol) serendah mungkin, untuk dapat meningkatkan nilai kalor pembakaran pada boiler. Bagasse yang demikian juga sekaligus mengindikasikan output kinerja bagian gilingan yang baik.

Bagasse dibakar secara langsung (direct combustion) di boiler untuk menghasilkan uap yang bertekanan (steam), yang kemudian energi uap tersebut digunakan untuk menghasilkan tenaga mekanik, tenaga listrik dan juga digunakan energi panasnya untuk kegunaan pengolahan gula di bagian proses.

Energi uap yang menghasilkan tenaga mekanik, misalnya untuk menggerakkan turbin pada penggerak gilingan (mill), shredder, cane cutter dan pompa-pompa pengisi air boiler. Energi uap yang digunakan untuk menghasilkan tenaga listrik adalah untuk menggerakkan turbin generator. Uap bekas (exhaust steam) dari energi uap yang telah digunakan untuk penggerak, masih digunakan lagi energi panasnya untuk di bagian proses. Tenaga listrik yang dibangkitkan di pabrik kemudian disalurkan untuk keperluan produksi di pabrik, perkantoran, medical, central workshop, perumahan, mess, IPAL dan irigasi.

One Comment leave one →
  1. Yulianto permalink
    November 27, 2008 4:21 pm

    Dear Malik,
    Artikel kamu dah sangat bagus banget. apalgi mengingat kalo orang Indonesia masih sangat enggan dalam menulis.
    Wacananyapun cukup berbobot, tapi gimana yah kalo yang baca orang awam???yang belum tau sama sekali tentang boiler. n then….gimana seh cara kerja boiler secara general….sebab yang kamu exploitasikan yang banyak dipakai di pabrik gula. gimana coba pada power plant???
    ok deh itu aja……selamat mengembangkan artikel2 ilmiahnya yah………….

Tinggalkan komentar